Penguasaan metode pembelajaran menjadi penentu keberhasilan siswa dalam pembelajaran

Para ahli pendidikan terutama pada pengembangan model atau metode pembelajaran terus menerus berupaya membuat yang terbaik. Hal itu seiring dengan perkembangan zaman atas kebutuhan pembelajaran yang ingin menghasilkan secara optimal.

PEMBELAJARANMETODE PEMBELAJARANMODEL PEMBELAJARANGURU

Samsi

8/8/20241 min read

Para ahli pendidikan terutama pada pengembangan model atau metode pembelajaran terus menerus berupaya membuat yang terbaik. Hal itu seiring dengan perkembangan zaman atas kebutuhan pembelajaran yang ingin menghasilkan secara optimal.

Metode pembelajaran begitu banyak untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Tetapi tidak sedikit guru yang enggan untuk mempelajari sehingga tidak maksimal menguasai metode atau model pembelajaran tersebut. Yang dilakukan hanya konvensional yaitu ceramah dan sangat disayangkan metode cermahpun tidak begitu menguasai sintak-sintak yang harus dijalankan sesuai dengan alur metode ceramah akhirnya peserta didik atau siswa mendapatkan kejenuhan dan ketidapaham informasi yang disampaikan oleh gururnya. Sehingga keberhasilan dari proses pembelajaran tidak optimal.

Untuk menghasilkan hasil pembelajaran secara optimal maka langkah yang harus dilakukan oleh para pendidik yaitu dengan memahami dan menguasai model atau metode pembelajaran terlebih dahulu serta memilih yang tepat sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karena sebaik-baiknya metode atau model pembelajaran apabila pengguna metode tidak menguasai maka hasilnya tidak akan sesuai harapan atau optimal yang ada dapat terjadi para penerima metode atau siswa kebingungan dalam menjalankannya atau dapat terjadi menjenuhkan.